KEUTAMAAN DAKWAH
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah: Fiqh
al-Dakwah
Dosen Pengampu: Dra. Anisah Indriati, M.Si.
Dosen Pengampu: Dra. Anisah Indriati, M.Si.
Disusun oleh:
Abdul Aziz (13210013)
Abdul Aziz (13210013)
JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2014
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2014
Kata Pengantar
Puji syukur saya sampaikan kehadirat Allah Swt..,
atas limpahan rahmat, hidayah, taufiq, serta inayah-Nya makalah ini dapat disusun.
Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad Saw.. yang
telah mengajarkan kepada kita agama yang benar.
Terima kasih kepada dosen pengampu yaitu Ibu Dra.
Anisah Indriati, M.Si selaku pembimbing Mata Kuliah Fiqh al-Dakwah yang telah
membimbing penulis dalam menyelesaikan makalah yang berjudul “Keutamaan Dakwah”
ini. Dalam pembuatan makalah ini penulis telah berusaha semaksimal mungkin agar
dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kita
semua, dan penulis mengharapkan masukan, kritik dan saran dari para pembaca.
Karena penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.
Yogyakarta, 25
September 2014
Penulis,
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .......................................................................................... i
KATA PENGANTAR ........................................................................................ ii
DAFTAR ISI ....................................................................................................... iii
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ........................................................................... 1
B. Rumusan Masalah .................................................................................... 1
BAB II: PEMBAHASAN
A. Dakwah Tugas Pokok Rasul .................................................................... 2
B. Dakwah Sebaik-baik Amal ...................................................................... 4
C. Dakwah Pahala yang Berlipatganda ........................................................ 5
D. Dakwah Menyelamatkan dari Azab ......................................................... 7
E. Dakwah Jalan Menuju Khoiru Ummah ....................................................
BAB III: PENUTUP
A. Kesimpulan .............................................................................................. 9
B. Saran ........................................................................................................ 9
Daftar Pustaka ..................................................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Dakwah merupakan
kewajiban setiap muslim. Kegiatan dakwah tidak terbatas pada ceramah-ceramah
ataupun mauidloh saja. Akan tetapi, kegiatan dakwah sangatlah luas. Mengajak
salat berjamaah, berhijab, dan lain sebagainya adalah contoh kecil dari dakwah.
Selama hal tersebut adalah mengajak kepada kebaikan sesuai yang diperintahkan
Allah Swt.. maka hal tersebut adalah dakwah. Sehingga setiap orang pasti
memiliki potensi untuk berdakwah.
Pada
kenyataannya, tidak semua orang memperhatikan
hal tersebut. Sering kali manusia disibukkan dengan urusan duniawi. Padahal keutamaan dakwah sangatlah besar. Ia bisa menjadi amal yang tidak terputus-putus nantinya, dan masih banyak lagi keutamaannya.
hal tersebut. Sering kali manusia disibukkan dengan urusan duniawi. Padahal keutamaan dakwah sangatlah besar. Ia bisa menjadi amal yang tidak terputus-putus nantinya, dan masih banyak lagi keutamaannya.
Oleh
karena itu, dalam makalah ini penulis mencoba menguraikan keutamaan-keutamaan
dakwah. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan antusias pembaca untuk
berdakwah.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah:
1. Kenapa dakwah merupakan tugas pokok rasul?
2. Kenapa dakwah merupakan sebaik-baik amal?
3. Kenapa dakwah memberi pahala yang berlipat
ganda?
4. Kenapa dakwah menyelamatkan dari azab?
5. Kenapa dakwah menjadi jalan menuju khoiru
ummah?
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A. Dakwah Tugas
Pokok Rasul
Para rasul alaihimussalam adalah orang yang diutus oleh Allah Swt. untuk
melakukan tugas utama mereka, yakni berdakwah kepada Allah. Keutamaan dakwah
terletak pada disandarkannya kerja
dakwah ini kepada manusia yang paling utama dan mulia yakni Rasulullah Saw. dan
saudara-saudara beliau para nabi & rasul alaihimussalam.
قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي
أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ
وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ
Katakanlah (Hai Muhammad): "Inilah jalanku: aku dan orang-orang
yang mengikutiku berdakwah (mengajak kamu)
kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada
termasuk orang-orang yang musyrik". (Yusuf (12): 108).
Ayat di atas menjelaskan jalan Rasulullah Saw. dan para pengikut beliau
yakni jalan dakwah. Maka barangsiapa mengaku menjadi pengikut beliau Saw., ia
harus terlibat dalam dakwah sesuai kemampuannya.
Tentang Nabi Nuh as, Allah mengisahkan kesibukan beliau yang tak kenal
henti dalam menjalankan tugas berdakwah siang dan malam:
قَالَ رَبِّ إِنِّي
دَعَوْتُ قَوْمِي لَيْلا وَنَهَارًا
Nuh berkata: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah mendakwahi
(menyeru) kaumku malam dan siang. (Nuh (71): 5).
Tentang Nabi Ibrahim as, Allah mengisahkan dakwah yang beliau lakukan
kepada ayah dan ummatnya:
وَاتْلُ عَلَيْهِمْ
نَبَأَ إِبْرَاهِيمَ . إِذْ قَالَ لِأَبِيهِ وَقَوْمِهِ مَا تَعْبُدُونَ. قَالُوا نَعْبُدُ أَصْنَامًا فَنَظَلُّ لَهَا
عَاكِفِينَ. قَالَ هَلْ
يَسْمَعُونَكُمْ إِذْ تَدْعُونَ. أَوْ
يَنفَعُونَكُمْ أَوْ يَضُرُّون. قَالُوا بَلْ
وَجَدْنَا آبَاءَنَا كَذَلِكَ يَفْعَلُونَ. قَالَ أَفَرَأَيْتُم مَّا كُنتُمْ
تَعْبُدُونَ. أَنتُمْ وَآبَاؤُكُمُ الأَقْدَمُونَ. فَإِنَّهُمْ عَدُوٌّ لِّي إِلاَّ رَبَّ
الْعَالَمِينَ. الَّذِي
خَلَقَنِي فَهُوَ يَهْدِينِ. وَالَّذِي هُوَ
يُطْعِمُنِي وَيَسْقِينِ. وَإِذَا
مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِين. وَالَّذِي
يُمِيتُنِي ثُمَّ يُحْيِينِ. وَالَّذِي
أَطْمَعُ أَن يَغْفِرَ لِي خَطِيئَتِي يَوْمَ الدِّينِ.
“Dan bacakanlah kepada mereka kisah Ibrahim. Ketika ia berkata kepada
bapaknya dan kaumnya: "Apakah yang kamu sembah?". Mereka menjawab:
"Kami menyembah berhala-berhala dan kami senantiasa tekun
menyembahnya". Berkata Ibrahim: "Apakah berhala-berhala itu mendengar
(doa)mu sewaktu kamu berdoa (kepadanya)? Atau (dapatkah) mereka memberi manfaat
kepadamu atau memberi mudharat?" Mereka menjawab: "(Bukan karena itu)
sebenarnya kami mendapati nenek moyang kami berbuat demikian". Ibrahim
berkata: "Maka apakah kamu telah memperhatikan apa yang selalu kamu sembah. Kamu dan nenek moyang kamu yang dahulu? Karena sesungguhnya apa yang kamu
sembah itu adalah musuhku, kecuali Tuhan semesta alam. (Yaitu Tuhan) yang telah
menciptakan aku, maka Dialah yang menunjuki aku. Dan Tuhanku, yang Dia memberi
makan dan minum kepadaku. Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku.
Dan yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku (kembali). Dan yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari
kiamat". (Asy-Syuara (26): 69-82).
Tentang Nabi Musa as, Allah Swt. mengisahkan dakwah beliau dalam banyak
ayat-ayat Al-Quran, diantaranya:
وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا
مُوسَى بِآيَاتِنَا إِلَى فِرْعَوْنَ وَمَلَئِهِ فَقَالَ إِنِّي رَسُولُ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
فَلَمَّا جَاءَهُم بِآيَاتِنَا إِذَا هُم مِّنْهَا يَضْحَكُونَ
Dan sesunguhnya Kami telah mengutus Musa dengan membawa mukjizat- mukjizat
Kami kepada Fir'aun dan pemuka-pemuka kaumnya. Maka Musa berkata:
"Sesungguhnya aku adalah utusan dari Tuhan seru sekalian alam". Maka tatkala dia datang kepada mereka dengan
membawa mukjizat- mukjizat Kami dengan serta merta mereka mentertawakannya.
(Az-Zukhruf (43): 46-47).
Tentang Nabi Isa as, Allah Swt. mengisahkan dakwah beliau dalam firman-Nya:
وَلَمَّا جَاءَ عِيسَى
بِالْبَيِّنَاتِ قَالَ قَدْ جِئْتُكُم بِالْحِكْمَةِ وَلِأُبَيِّنَ لَكُم بَعْضَ الَّذِي
تَخْتَلِفُونَ فِيهِ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُونِ. إِنَّ اللَّهَ هُوَ رَبِّي
وَرَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ هَذَا صِرَاطٌ مُّسْتَقِيمٌ.
Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata: "Sesungguhnya
aku datang kepadamu dengan membawa hikmah dan untuk menjelaskan kepadamu
sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada
Allah dan taatlah (kepada) ku". Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan
Tuhan kamu maka sembahlah Dia, ini adalah jalan yang lurus. (Az-Zukhruf (43):
63-64).
Pintu kenabian dan kerasulan memang sudah tertutup selama-lamanya, namun
pekerjaan dan tugas mulia mereka masih bisa diwariskan, sehingga terbuka
peluang bahwa Allah SWT. memuliakan para da’i yang mewariskan tugas tersebut.[1]
B. Dakwah Sebaik-baik
Amal
Dakwah adalah amal yang terbaik, karena da’wah memelihara amal Islami di
dalam pribadi dan masyarakat. Membangun potensi dan memelihara amal sholeh
adalah amal da’wah, sehingga da’wah merupakan aktivitas dan amal yang mempunyai
peranan penting di dalam menegakkan Islam. Tanpa da’wah ini maka amal sholeh
tidak akan berlangsung.
وَمَنْ أَحْسَنُ
قَوْلاً مِّمَّن دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang berdakwah
(menyeru) kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata:
"Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?" (Fushilat
(41): 33).
Ibnu Jarir Ath-Thabari rahimahullah mengatakan dalam tafsirnya: Allah Swt.
menyeru manusia: “Wahai manusia, siapakah yang lebih baik perkataannya selain
orang yang mengatakan Rabb kami adalah Allah, kemudian istiqamah dengan
keimanan itu, berhenti pada perintah dan larangan-Nya, dan berdakwah (mengajak)
hamba-hamba Allah untuk mengatakan apa yang ia katakan dan mengerjakan apa yang
ia lakukan.” (Tafsir Ath-Thabari, Jami’ul Bayan Fi Ta’wil Al-Quran, 21/468).
Bagaimana tidak akan menjadi ucapan dan pekerjaan yang terbaik? Sementara
dakwah adalah pekerjaan makhluk terbaik yakni para nabi dan rasul
alaihimussalam.
Sayyid Quthb rahimahullah berkata dalam Fi Zhilal Al-Quran: “Sesungguhnya
kalimat dakwah adalah kalimat terbaik yang diucapkan di bumi ini, ia naik ke
langit di depan kalimat-kalimat baik lainnya. Akan tetapi ia harus disertai
dengan amal shalih yang membenarkannya, dan disertai penyerahan diri kepada
Allah sehingga tidak ada penonjolan diri di dalamnya. Dengan demikian jadilah
dakwah ini murni untuk Allah, tidak ada kepentingan bagi seorang da’i kecuali
menyampaikan. Setelah itu tidak pantas
kalimat seorang da’i disikapi dengan berpaling, adab yang buruk, atau
pengingkaran. Karena seorang da’i datang dan maju membawa kebaikan, sehingga ia
berada dalam kedudukan yang amat tinggi…” (Fi Zhilal Al-Quran 6/295).[2]
C. Dakwah Pahala
yang Berlipatganda
قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه
وسلم لِعَلِيٍّ: ((فَوَاللَّهِ لَأَنْ يَهْدِيَ اللَّهُ بِكَ رَجُلاً خَيْرٌ لَكَ
مِنْ أَنْ يَكُونَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ)) (رواه البخاري ومسلم وأحمد)
Sabda Rasulullah Saw. kepada Ali bin Abi Thalib: “Demi Allah, sesungguhnya
Allah Swt. menunjuki seseorang dengan (dakwah)mu maka itu lebih bagimu dari
unta merah.” (Bukhari, Muslim & Ahmad).
Ibnu Hajar Al-‘Asqalani ketika menjelaskan hadits ini mengatakan bahwa:
“Unta merah adalah kendaraan yang sangat dibanggakan oleh orang Arab saat itu.”
Hadits ini menunjukkan bahwa usaha seorang da’i menyampaikan hidayah kepada
seseorang adalah sesuatu yang amat besar nilainya di sisi Allah Swt., lebih
besar dan lebih baik dari kebanggaan seseorang terhadap kendaraan mewah
miliknya.
Dalam riwayat Al-Hakim
disebutkan:
يَا عَلِيُّ، لَأَنْ يَهْدِيَ
اللهُ عَلَى يَدَيْكَ رَجُلاً خَيْرٌ لَكَ مِمَّا طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ »
(رواه الحاكم في المستدرك)
“Wahai
Ali, sesungguhnya Allah Swt. menunjuki seseorang dengan usaha kedua tanganmu,
maka itu lebih bagimu dari tempat manapun yang matahari terbit di atasnya
(lebih baik dari dunia dan isinya). (HR. Al-Hakim dalam Al-Mustadrak).
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرَضِينَ حَتَّى النَّمْلَةَ
فِي جُحْرِهَا وَحَتَّى الْحُوتَ لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الْخَيْرَ
رواه الترمذي عن أبي أمامة الباهلي
Rasulullah Saw. bersabda:
“Sesungguhnya Allah Swt. memberi banyak kebaikan, para malaikat-Nya, penghuni
langit dan bumi, sampai semut-semut di lubangnya dan ikan-ikan selalu mendoakan
orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.” (HR. Tirmidzi dari
Abu Umamah Al-Bahili).
Berapakah
jumlah malaikat, semut dan ikan yang ada di dunia ini? Bayangkan betapa besar
kebaikan yang diperoleh oleh seorang da’i dengan doa mereka semua!
Imam
Tirmidzi setelah menyebutkan hadits tersebut juga mengutip ucapan Fudhail bin
‘Iyadh yang mengatakan:
عَالِمٌ عَامِلٌ مُعَلِّمٌ
يُدْعَى كَبِيرًا فِي مَلَكُوتِ السَّمَوَاتِ
“Seorang yang berilmu,
beramal dan mengajarkan (ilmunya) akan dipanggil sebagai orang besar (mulia) di
kerajaan langit.”
Keagungan
balasan bagi orang yang berdakwah tidak hanya pada besarnya balasan untuknya
tetapi juga karena terus menerus nya ganjaran itu mengalir kepadanya meskipun
ia telah wafat.
Perhatikan sabda
Rasulullah Saw. berikut ini:
((مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً حَسَنَةً فَعُمِلَ بِهَا
بَعْدَهُ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلَا يَنْقُصُ مِنْ
أُجُورِهِمْ شَيْءٌ وَمَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً سَيِّـئَةً فَعُمِلَ
بِهَا بَعْدَهُ كُتِبَ عَلَيْهِ مِثْلُ وِزْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلَا يَنْقُصُ
مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ)) (رواه مسلم عَنْ جَرِيرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رضي
الله عنه).
“Siapa yang mencontohkan
perbuatan baik dalam Islam, lalu perbuatan itu setelahnya dicontoh (orang
lain), maka akan dicatat untuknya pahala seperti pahala orang yang mencontohnya
tanpa dikurangi sedikit pun pahala mereka yang mencontoh nya. Dan barangsiapa
mencontohkan perbuatan buruk, lalu perbuatan itu dilakukan oleh orang lain,
maka akan ditulis baginya dosa seperti dosa orang yang menirunya tanpa
mengurangi mereka yang menirunya. (HR. Muslim dari Jarir bin Abdillah ra).[3]
D. Dakwah Menyelamatkan
dari Azab
Dakwah yang dilakukan oleh seorang da’i akan membawa manfaat bagi dirinya
sebelum manfaat itu dirasakan oleh orang lain yang menjadi objek dakwahnya
(mad’u). Manfaat itu antara lain adalah terlepasnya
tanggung jawabnya di hadapan Allah Swt. sehingga ia terhindar dari adzab Allah.
Tersebutlah
sebuah daerah yang bernama “Aylah” atau “Eliah” sebuah perkampungan Bani
Israil. Penduduknya diperintahkan Allah untuk menghormati hari Jumat dan
menjadikannya hari besar, namun mereka tidak bersedia dan lebih menyukai hari
Sabtu. Sebagai hukumannya Allah Swt. melarang mereka untuk mencari dan memakan
ikan di hari Sabtu, dan Allah membuat ikan-ikan tidak muncul kecuali di hari
Sabtu. Sekelompok orang kemudian melanggar larangan ini dan membuat perangkap
ikan sehingga ikan-ikan di hari Sabtu masuk ke dalam perangkap lalu mereka
mengambilnya di hari ahad dan memakannya. Sementara orang-orang yang tidak
melanggar larangan Allah terbagi menjadi dua kelompok yaitu mereka yang
mencegah kemunkaran dan mereka yang diam saja.
Terjadilah
dialog antara orang-orang yang diam saja dengan mereka yang berdakwah
mengingatkan saudara-saudaranya yang melanggar larangan Allah. Dialog ini
disebutkan dalam Al-Quran:
وَاسْأَلْهُمْ عَنِ الْقَرْيَةِ الَّتِي كَانَتْ
حَاضِرَةَ الْبَحْرِ إِذْ يَعْدُونَ فِي السَّبْتِ إِذْ تَأْتِيهِمْ حِيتَانُهُمْ
يَوْمَ سَبْتِهِمْ شُرَّعاً وَيَوْمَ لاَ يَسْبِتُونَ لاَ تَأْتِيهِمْ كَذَلِكَ
نَبْلُوهُم بِمَا كَانُوا يَفْسُقُونَ. وَإِذْ قَالَتْ أُمَّةٌ مِّنْهُمْ لِمَ تَعِظُونَ
قَوْمًا اللَّهُ مُهْلِكُهُمْ أَوْ مُعَذِّبُهُمْ عَذَابًا شَدِيدًا قَالُواْ
مَعْذِرَةً إِلَى رَبِّكُمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ. فَلَمَّا
نَسُواْ مَا ذُكِّرُواْ بِهِ أَنجَيْنَا الَّذِينَ يَنْهَوْنَ عَنِ السُّوءِ
وَأَخَذْنَا الَّذِينَ ظَلَمُواْ بِعَذَابٍ بَئِيسٍ بِمَا كَانُواْ يَفْسُقُونَ
Dan tanyakanlah kepada
Bani Israil tentang negeri yang terletak di dekat laut ketika mereka
melanggar aturan pada hari Sabtu , di waktu datang kepada mereka ikan-ikan
(yang berada di sekitar) mereka terapung-apung di permukaan air, dan di
hari-hari yang bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka.
Demikianlah Kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik. Dan (ingatlah)
ketika suatu umat di antara mereka berkata: “Mengapa kamu menasehati kaum yang
Allah akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras?”
Mereka menjawab: “Agar kami mempunyai alasan (pelepas tanggung jawab) kepada
Tuhanmu , dan supaya mereka bertakwa. Maka tatkala mereka melupakan apa yang
diperingatkan kepada mereka, Kami selamatkan orang-orang yang melarang dari
perbuatan jahat dan Kami timpakan kepada orang-orang yang zalim siksaan yang
keras, disebabkan mereka selalu berbuat fasik. (Al-A’raf (7): 163-165).
Perhatikan
jawaban orang-orang yang berdakwah ketika ditanya mengapa mereka menasehati
orang-orang yang melanggar perintah Allah:
1.
مَعْذِرَةً إِلَى رَبِّكُمْ
2.
وَلَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ
1. Kami
berdakwah agar menjadi argumentasi & penyelamat kami dihadapan Allah Swt..
2.
Mudah-mudahan mereka bertaqwa.
Perhatikan
pula bahwa yang secara tegas diselamatkan oleh Allah dari adzab-Nya adalah
orang-orang yang melarang perbuatan maksiat.
Dakwah
dan amar ma’ruf nahi munkar adalah kontrol sosial yang harus dilakukan oleh
kaum muslimin agar kehidupan ini selalu didominasi oleh kebaikan. Kebatilan
yang mendominasi kehidupan akan menyebabkan turunnya teguran atau adzab dari
Allah Swt.. Rasulullah Saw. bersabda:
((مَثَلُ الْقَائِمِ
عَلَى حُدُودِ اللَّهِ وَالْوَاقِعِ فِيهَا كَمَثَلِ قَوْمٍ اسْتَهَمُوا عَلَى
سَفِينَةٍ فَأَصَابَ بَعْضُهُمْ أَعْلَاهَا وَبَعْضُهُمْ أَسْفَلَهَا فَكَانَ
الَّذِينَ فِي أَسْفَلِهَا إِذَا اسْتَقَوْا مِنْ الْمَاءِ مَرُّوا عَلَى مَنْ
فَوْقَهُمْ فَقَالُوا لَوْ أَنَّا خَرَقْنَا فِي نَصِيبِنَا خَرْقًا وَلَمْ نُؤْذِ
مَنْ فَوْقَنَا فَإِنْ يَتْرُكُوهُمْ وَمَا أَرَادُوا هَلَكُوا جَمِيعًا وَإِنْ
أَخَذُوا عَلَى أَيْدِيهِمْ نَجَوْا وَنَجَوْا جَمِيعًا)) (رواه البخاري)
Perumpamaan orang yang
tegak di atas hukum-hukum Allah dengan orang yang melanggarnya seperti kaum
yang menempati posisinya di atas bahtera, ada sebagian yang mendapatkan tempat
di atas, dan ada sebagian yang mendapat tempat di bawah. Mereka yang berada di
bawah jika akan mengambil air harus melewati orang yang berada di atas, lalu
mereka berkata: “Jika kita melubangi bagian bawah milik kita dan tidak
mengganggu mereka..” Kalau mereka membiarkan keinginan orang yang akan
melubangi, mereka semua celaka, dan jika mereka menahan tangan mereka maka
selamatlah semuanya. (HR. Bukhari).
عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَتَأْمُرُنَّ بِالْمَعْرُوفِ وَلَتَنْهَوُنَّ عَنْ الْمُنْكَرِ أَوْ لَيُوشِكَنَّ اللَّهُ أَنْ يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عِقَابًا مِنْهُ ثُمَّ تَدْعُونَهُ فَلَا يُسْتَجَابُ لَكُمْ. رواه الترمذي وقَالَ: هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ.
Dari Hudzaifah bin Yaman
ra dari Nabi Muhammad Saw. beliau bersabda: “Demi Dzat yang jiwaku berada di
tangan-Nya, kalian harus melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar, atau Allah akan
menurunkan hukuman dari-Nya kemudian kalian berdoa kepada-Nya dan Dia tidak
mengabulkan doa kalian.” (HR Tirmidzi, beliau berkata: hadits ini hasan).[4]
E. Dakwah Jalan
Menuju Khoiru Ummah
Rasulullah Saw. berhasil mengubah masyarakat jahiliyah
menjadi umat terbaik sepanjang zaman dengan dakwah beliau. Dakwah secara umum
dan pembinaan kader secara khusus adalah jalan satu-satunya menuju terbentuknya
khairu ummah yang kita idam-idamkan. Rasulullah Saw. melakukan tarbiyah mencetak kader-kader dakwah di kalangan para
sahabat beliau di rumah Arqam bin Abil Arqam ra, beliau juga mengutus Mush’ab
bin Umair ra ke Madinah untuk membentuk basis dan cikal bakal masyarakat
terbaik di Madinah (Anshar).
Jalan yang ditempuh oleh Rasulullah Saw. ini adalah juga
jalan yang harus kita tempuh untuk mengembalikan kembali kejayaan umat. Imam
Malik bin Anas ra berkata:
لاَ يَصْلُحُ آخِرُ هَذِهِ الأُمَّةِ إِلاَّ بِمَا صَلُحَ بِهِ أَوَّلُهَا
Akhir umat ini tidak menjadi baik kecuali menggunakan cara yang
digunakan untuk memperbaiki generasi awalnya. (Nashiruddin Al-AlBani, Fiqhul
Waqi’ hlm 22).
Umat Islam harus memainkan peran dakwah & amar ma’ruf
nahi munkar dalam semua keadaannya, baik ketika memperjuangkan terbentuknya
khairu ummah maupun ketika cita-cita khairu ummah itu telah terwujud. Allah Swt.
berfirman:
كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ
تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ
وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ
وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia,
menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada
Allah. (Ali Imran (3): 110).[5]
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan-penjelasan yang telah disebutkan, maka dapat
disimpulkan bahwa keutamaan dakwah ada lima, antara lain:
1.
Dakwah menjadi utama karena ia adalah muhimmatur rusul (tugas para
nabi dan rasul).
2.
Dakwah menjadi utama karena ia adalah ahsanul a’mal (sebaik-baik
amal).
3.
Dakwah menjadi utama karena dengan berdakwah seorang muslim meraih
pahala yang teramat besar (al-hushul ‘alal ajri al-azhim).
4.
Dakwah menjadi utama karena dapat menyelamatkan da’i dari azab
Allah swt dan pertanggungjawaban di akhirat.
5.
Dakwah menjadi utama karena ia adalah jalan menuju khairu ummah
(terbentuknya umat yang terbaik).
Selain itu mungkin masih banyak lagi
keutamaan-keutamaan dakwah yang belum bisa dibahas di dalam makalah ini. Wallahu
a’lam.
B. Saran
Sebagai umat muslim kita seharusnya bisa berdakwah kapan pun dan dimana pun
karena keutamaan dakwah sangatlah besar. Oleh karena itu, kita tidak boleh
menyia-nyiakan kesempatan tersebut.
Daftar Pustaka
Jum’ah Amin Abdul Aziz. 2011. Fiqih Dakwah. Solo:
PT. Era Adicitra Intermedia.
Tim Kajian Manhaj Tarbiyah. 2009. Fadhail (Keutamaan) Dakwah.
(http://www.dakwatuna.com/2009/03/08/2026/fadhail-keutamaan-dakwah/#ixzz3EWUPQ4eu ). Tanggal akses terakhir 27 September 2014.
[1] Tim Kajian Manhaj Tarbiyah. Fadhail (Keutamaan) Dakwah.
(http://www.dakwatuna.com/2009/03/08/2026/fadhail-keutamaan-dakwah/#ixzz3EWUPQ4eu
) diakses 27 September 2014, 20:55 WIB.
[2] Tim Kajian Manhaj Tarbiyah. Fadhail (Keutamaan) Dakwah.
(http://www.dakwatuna.com/2009/03/08/2026/fadhail-keutamaan-dakwah/#ixzz3EWUPQ4eu
) diakses 27 September 2014, 20:55 WIB.
[3] Tim Kajian Manhaj
Tarbiyah. Fadhail (Keutamaan) Dakwah.
(http://www.dakwatuna.com/2009/03/08/2026/fadhail-keutamaan-dakwah/#ixzz3EWUPQ4eu
) diakses 27 September 2014, 20:55 WIB.
[4] Tim Kajian Manhaj
Tarbiyah. Fadhail (Keutamaan) Dakwah.
(http://www.dakwatuna.com/2009/03/08/2026/fadhail-keutamaan-dakwah/#ixzz3EWUPQ4eu
) diakses 27 September 2014, 20:55 WIB.
[5] Tim Kajian Manhaj
Tarbiyah. Fadhail (Keutamaan) Dakwah.
(http://www.dakwatuna.com/2009/03/08/2026/fadhail-keutamaan-dakwah/#ixzz3EWUPQ4eu
) diakses 27 September 2014, 20:55 WIB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar